Counter Pulsa

Agak penasaran juga awalnya, soalnya kompi di tempat teh udah mulai pada lemot di bawa kerja. Mungkinkah hardwarenya udah udzur (lifetime).

Karena penasaran ini, akhirnya jadi pengen tahu sudah berumur berapa tahun kah kompi yang saya gunakan? Sampai karena lemotnya sempet install ulang OS-nya september kemarin, yang biar rada refresh gitu. Ngaruh sih, tapi dikit. Soalnya speed kompi kan dipengaruhi bukan hanya dari software tapi juga dari hardware.

Baik, kali ini saya coba share Cara mengetahui umur atau tanggal produksi komputer yang kita gunakan. Banyak cara sih yang sudah di share temen-temen di inet, kita coba yang mudah aja ya…

Cara pertama dengan Command Prompt, START ketik CMD, ketik systeminfo enter

Fokus ke yang dikotakin kuning, Tanggal BIOS 12-Jul-2010. Ya, itu yang jadi referensi kita untuk menentukan umur atau Tanggal Produksi komputer yang kita gunakan. Sebagai contoh sekarang Nov-2017, berarti udah lumayan tuwir juga ya kompi saya. Udah 7 Tahun. dan belum pernah upgrade atau ganti hardware. Pantesan…. rada lemot gitu.

Klo sepengetahuan saya katanya HDD aja umur yang ideal adalah sekitar 4-5 Tahun agar bekerja optimal. Klo udah diatas 5 tahun mungkin putarannya udah ngga sesmooth dulu. Coba aja bayangin HDD harus berputar 700orpm selama 5 tahun. Hebat banget klo ngga ada perubahan performance.

Cara kedua dengan melihat System Information di kompi kita. Search ketik msinfo32 enter

Mungkin butuh scroll down untuk melihat lebih detil sistem informasi kompi kita.

Cara ketiga klo mau lebih detil lagi gunakan aplikasi SIV (System Information Viewer) yang bisa didownload gratis (Portable).

Tiga cara sederhana di atas, paling tidak jadi referensi upgrade hardware kompi klo dirasa kompi yang kita gunakan sudah mulai lemot.

Semoga membantu.

68 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

komentar