Counter Pulsa

Ada yang pernah ngalamin PIN ATM BRI terblokir? Klo menurut saya sih kayaknya akan lumayan banyak deh. Soalnya ada sedikit perlakuan yang berbeda yang diterapkan BRI mengenai keamanan PIN ATM ini.

Dari hal tersebut di atas, dan atas pengalaman pribadi, saya coba share yang pernah saya/keluarga alami beberapa waktu lalu mengenai ATM BRI ini.

Minggu, 7-September-2014, kebetulan udah lumayan lama banget ATM BRI tidak saya pergunakan (Soalnya ngga ada saldonya :D). Pas dimasukin, input PIN, terus milih pengambilan tunai yang standard yang ada di layar ATM. Tapi, dilayar malah muncul harus ubah/ganti PIN ATM. Ya saya terusin ganti PIN dengan yang baru (tentunya dengan memasukan PIN lama dan PIN Baru dan konfirmasi PIN baru). Tapi koq tulisan yang muncul malah informasi PIN Baru tidak boleh sama dengan PIN Lama.

Akhirnya saya cancel dooongg… Soalnya ragu-ragu jangan-jangan PIN lamanya yang salah. Saya coba dengan PIN yang berbeda karena memang lupa-lupa inget waktu itu teh.

Hasilnya : SAMA DENGAN DI ATAS… Dicoba lagi… SAMA DENGAN DI ATAS…. Dicoba lagi… UDAH NGGA BISA LAGI…. soalnya ditolak/diblokir beneran. Dikeluarin paksa deh tuh ATM sama mesinnya soalnya udah 3x salah PIN.

Karena pas lagi butuh banget, saya coba transaksi menggunakan SMS Banking. Ini pun ditolak, karena PIN ATM yang terblokir tadi. Ini pun agak sedikit beda dengan Bank lain. Misal saya pengguna SMS Banking juga di Bank Mandiri dan ATM saya pun sampai hari ini terblokir (males datengnya ke CS), tetapi SMS Banking maupun Internet Banking masih bisa berjalan normal.

Nah, tambahan perbedaan lainnya dengan ATM Bank lain setelah akhirnya terpaksa datang ke Bank penerbit untuk re-Issue PIN ATM.

  1. Biaya re-issue PIN ATM Rp. 5.000,-
  2. BRI secara periodik sistemnya akan memaksa ganti PIN, klo ngga diganti pasti tidak bisa melanjutkan transaksi. Sementara yang saya tahu klo bank lain hanya sebatas menyarankan. Untuk alasan safety saya setuju, cuma point berikutnya yang ngga nyampe ke nasabah.
  3. PIN baru yang dianggap sama yang saya ceritakan sbelumnya adalah :

Jika 2 Digit angka awal PIN tidak kita ganti pasti akan dianggap sama walaupun digit ke 3 ~ 6 sudah diganti/berbeda. Inipun setelah saya tanya ke Security BRI yang ada di kantor tempat saya re-issue PIN. Soalnya begitu sudah reissue PIN saya langsung trial transaksi di mesin ATM, eh ngga tahunya tetep ada sama minta ganti PIN lagi. Akhirnya minta bantuan security deh, takut diblokir lagi soalnya.

Ini dia contoh pergantian PIN :

PIN Lama : 230978

PIN Baru : 261175

Pin baru akan dianggap sama oleh sistem, karena angka 2 di digit pertama tidak mengalami perubahan. Akan dianggap benar jika

PIN baru ATM BRInya diganti dengan 110978

Dua digit angaka di awal kita ganti dengan angka yang berbeda. Angka ke-3 sampai ke-6 kita biarkan sama. Sistem akan membaca PIN kita sudah berubah/berbeda. Intinya yang harus kita ganti hanya 2 digit angka . Angka Pertama dan kedua saja. Sisanya bisa diabaikan.

63,867 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Komentar

komentar