Counter Pulsa

Sekitar 2 mingguan yang lalu, saya upgrade Microsoft Office saya ke versi 2013. Yang sudah menggunakan versi Microsoft Office 2010 sebelumnya mungkin ngga begitu ngerasa banyak perubahan. Hanya penekanan yang lumayan signifikan menurut saya pada versi 2013 ini, lebih diarahkan ke mendampingi Windows 8 dan mudah diakses dari Perangkat Mobile, mengingat bentuk kotak-kotaknya pada hampir semua icon berasa banget (gampang diakses menggunakan telunjuk). Belum bisa share banyak tentang Microsoft Office 2013 ini, cuma yang paling pertama mau saya share adalah Install Kustom Microsoft Picture Manager di Microsoft Office 2013, mengingat di versi ini Microsoft menghilangkan Picture Manager yang selalu mendampingi setiap Instalasi Microsoft Ofiice, yang saya pernah coba dari versi 2003, 2007, 2010 Office Picture Manager ini selalu mendampingi instalasi Microsoft Office.

Ngga tahu alasan Microsoft menghilangkan fitur ini pada Instalasi Microsoft Office 2013, tapi saya pribadi sering banget menggunakan Microsoft Office Picture Manager ini, terutama untuk viewer, auto correct, cropping termasuk compress sebelum ke proses editing yang lain. Simple tapi powerful menurut saya.

Nah daripada bingung klo harus nambah software editing yang lain, yang belum tentu fiturnya bisa sama persis dengan Microsoft Office Picture Manager. Saya coba share cara menyiasatinya dengan menginstall kembali Microsoft Office Picture Manager dengan cara Custom/Kustom. Kita tetap membutuhkan CD/DVD Instalasi Microsoft Office 2007 atau Microsoft Office 2010 untuk kita install Microsoft Office Picture Managernya saja. Jadi nantinya kita masih tetap bisa menggunakan Microsoft Office Picture Manager berdampingan dengan Microsoft Office 2013 hanya versinya saya yang berbeda.

Instalasi Custom Microsoft Office Picture ManagerPada default instalasi Microsoft Office 2013 diatas, Pada Office 2013 Tools tidak ditemukan lagi Office Picture Manager yang selama ini kita kenal.

Jika memang lumayan diperlukan fitur Office Picture Manager ini, kita bahas step-by-step Instalasinya, saya ambil contohnya menggunakan Microsoft Office Pro Plus 2010. Tapi pada prinsipnya menggunakan Microsoft Office 2007 pun tidak masalah, mengingat nantinya yang akan kita ambil hanya Picture managernya saja.

Instalasi Custom Microsoft Office Picture Manager

Instalasi seperti biasa, masukan Serial No, kemudian pilin “Customize”

Install Custom Microsoft Picture Manager pada Microsoft Office 2013Pilih Hapus/Not Available untuk semua setup Microsoft Office, kecuali tinggalkan Office Tools.

Install Custom Microsoft Picture Manager pada Microsoft Office 2013Nah di Office Toolnya semuanya juga kita pilih Not Available kecuali “Microsoft Office Picture Manager” harus kita sisakan untuk diinstall…

Install Custom Microsoft Picture Manager pada Microsoft Office 2013

Instalasi Custom Microsoft Office Picture Manager

Klo Instalasinya sukses seharusnya kita bisa menemukan Microsoft Office Picture Manager seperti gambar di atas. Seharusnya sekarang kita sudah bisa menggunakan Picture Manager ini seperti biasanya.

Instalasi Custom Microsoft Office Picture Manager

Gampang kan? Semoga membantu…

 

7,308 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar

komentar