Counter Pulsa

Belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya, bahwasanya banyak hal yang sering kita lupakan atau tidak kita pedulikan pada saat mulai belajar ngeblog. Biasanya pada saat awal-awal mulai ngeblog biar kelihatan “eksis” atau mungkin “narsis” kali yaa.. Hampir tiap hari ngeluarin postingan, berbobot atau tidak urusan nanti. Copas atau tidak urusan nanti. Yang penting “POSTING” sesuatu di blog…. Biar kelihatan smart gitu lho…

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, seperti halnya pendewasaan hal lain, hobi “ngeblog” ini pun seharusnya menjadi semakin dewasa. Kontennya menjadi lebih berisi, Udah ngga suka lagi Copas dari blog lain, postingan sebisa mungkin orisinil. Tidak perlu curang untuk menaikan traffic dengan memposting kata kunci yang ada hubungannya dengan Download Software-software Bajakan, Film-film terbaru yang bisa didownload gratis. Ya, kata kunci seperti itu masih diburu sama netter atau blogger di Indonesia. Tapi, menurut saya itu bukan cara yang baik untuk menaikan traffic blog kita. Terlebih kontennya pun hasil copas, link downloadnya pun hasil copas. Ah, sayang banget kan? Dengan cara seperti itu berarti kita ngga menghargai profesi kita sebagai blogger walaupun mungkin sekarang masih baru sekedar hobi. Siapa tahu nantinya kita juga akan menjadi seorang blogger profesional yang tentunya dari hobi ini pun bisa menghasilkan sesuatu.

Lantas hal dasar apa yang seharusnya kita lakukan agar hobi kita sebagai seorang blogger tersalurkan dengan baik dan benar, mencakup SEO, SECURITY, BACKUP, ANALYSTIC, MONITORING dll. Ini saya rangkum berdasarkan pengalaman sebelumnya sampai dengan direset blog ini (kurang lebih perjalanan 2 tahun sebagai blogger pemula). Mudah-mudahan bisa bermanfa’at khususnya buat yang saya yang harus memulai lagi dari nol umumnya buat Sobat-sobat yang sedang memulai belajar nulis juga seperti saya. Yuk kita mulai tulisan kita dengan rule dan rel yang benar.

Adapun hal-hal dasar yang ngga boleh dilupakan adalah sebagai berikut :

1. Security Blog

Hal ini sudah saya bahas pada postingan sebelumnya. Silahkan pelajari lebih lengkap disini.

2. Lupa membackup Database secara berkala.

Klo pengalaman sih biasanya bukan karena lupa, tapi males. Tapi klo kita mau belajar profesional ini mutlak kita lakukan. Banyak keuntungannya koq. Banyak hal yang menyebabkan wordpress kita error, misalnya ada kegagalan instalasi pada wordpress itu sendiri atau karena instalasi plugin yang tidak kompatibel dengaan wordpress kita sehingga menyebabkan crash. Jadi backup database itu menjadi sangat penting ketika terjadi hal-hal yang kita inginkan, termasuk juga jika ada yang iseng dengan men”deface” atau “hack” terhadap blog/website kita. Dan itu bisa menimpa kita kapan saja. Jadi tindakan prefentive kita salah satunya dengan regular backup tadi.

Banyak sekali cara untuk membackup database website. Bisa dari cPanel, atau dari Dashboard >>> Tools >>> Export >>> Setting  atau tambahan plugin wordpress semisal wp-DB-BackUp. Saya sendiri seringnya backUp menggunakan cPanel.

 

3. Tidak menginstall plugin yang basic atau dasar.

Terkadang kita sering mencari plugin-plugin untuk memaksimalkan website kita, tetapi kita lupa plugin yang palin mendasar yang seharusnya terinstall di wordpress kita. Ada 4 plugin dasar yang seharusnya terinstall di wordpress kita sebagai pemula, Akismet, GoogleXML Sitemaps, Contact Form 7 + Realy Simple Captcha dan All in One SEO Pack.

4. Lupa mengganti Default Struktur Permalink.

Secara Default/Bawaan. Permalink ke Post pada Blog kita akan terlihat seperti ini. http://sugiri.net/?p-17, Struktur permalink seperti ini tidak SEO friendly URL. Dengan mengganti struktur Permalink dengan keyword atau kata kunci, akan membantu menaikan traffic blog kita.

Ada cara yang efektif untuk mengganti Structure Permalink. Ganti Permalink Blog kita dengan /%category%/%postname%/%post_id%/. Artikel lengkap bisa di baca di sini.

Permalink Structure

 

5. Tidak menggunakan software offline untuk editing Blog.

Banyak dari kita seringnya langsung menulis di Visual Editor sewaktu membuat sebuah artikel. Menurut saya tidak terlalu banyak kelebihannya dibanding kita menggunakan Blog Authoring Tool atau simplenya Software Offline untuk Blog. Jadi jika Anda mencintai ngeblog gunakan tool ini. Software-software ini di design agar kita bisa menulis blog secara offline, jadi kita ngga perlu bolak-balik login admin dashboard untuk mengedit artikel. Cukup edit di software tersebut, setelah dirasa siap baru deh di publish. Hemat ongkos internet dan yang terpenting kita masih punya TULISAN CADANGAN atas artikel yang kita posting ke Blog. Bisa dimungkinkan untuk di publish ulang jika sesuatu hal terjadi di kemudian hari.

Tool yang sering  untuk Offline Editor for Blogger adalah Windows Live Writer. Saya sendiri seringnya menggunakan BlogJet.

BlogJet

6. Tidak menggunakan Tool Web Analystic Program.

Sebagai pemula menurut saya penting banget menggunakan tool ini, paling tidak kita bisa menganalisa perkembangan blog kita. Sehingga ke depannya kita bisa lebih terarah lagi. Karena walaupun cuma sekedar menuliskan sesuatu sebagai pengganti coretan-coretan kecil seperti yang saya lakukan untuk blog ini. Tapi, arahnya tetap harus kita tentukan. Biar kita bisa lebih fokus terhadap hal apa yang seharusnya kita tulis. Jadi, mulai sekarang sebelum terlanjur kemana2 tulisan kita, TENTUKAN DAHULU ARAH DAN TUJUAN KITA MENULIS BLOG. Karena tanpa hal itu, tool apapun untuk analisa ngga akan ada impactnya terhadap blog kita. Saya merekomendasikan Google Analystic sebagai Web Analystic Program.

7. Blogger tidak mendaftarkan feed ke Google FeedBurner.

RRS Feed mengirim berita secara otomatis ke reader kita yang sudah berlangganan. Jadi reader kita akan kembali lagi ke website kita ketika ada potongan RSS Feed yang dikirim feed burner, ketika kita melakukan update terhadap postingan. Traffic tentunya akan sangat terbantu dengan adanya ini. Bahkan dari pengalaman saya keuntungan terbesar yang saya rasakan adalah ketika saya harus mengulang kembali ngeblog dari 0 karena direset oleh pihak hosting. Tapi sobat bisa lihat kan di statistik blog ini, total postingan saya baru 4 termasuk postingan yang ini. Tapi alhamdulillah pengunjungnya masih tetep lumayan. Sobat lihat dibawah kotak berlangganan email ada 130 lebih reader pada saat saya menulis artikel ini jadi, artinya ada 130 reader yang akan kembali ke blog ini ketika mendapat update dari postingan saya. Jadi jangan lupa untuk mengaktifkan fitur ini ya…. Daftarkan Feed sobat ke Google FeedBurner. GRATIS Koq.

8. Gunakan Template yang Simple, dan Resposive (Mobile Friendly)

Anda ingin reader Blog Anda nyaman berkunjung dan akan sangat mungkin untuk kembali lagi suatu hari nanti. Hindari hal-hal ini : Jangan gunakan template yang membaratkan loading, (dengan banyaknya animasi, iklan flash yang terlalu banyak, pop up di sana sini, background gambar yang berlebihan dan berwarna-warni). Kebanyakan pengguna internet di Indonesia masih banyak di area GPRS, jadi sangat dimungkinkan setelah tahu betapa beratnya blog/website kita saat dilaoding, ngga akan kembali lagi deh ke blog kita. Secara, yang saya tahu Google Bot akan bete jika pada saat indexing nemu website yang berat diloading. Sebaiknya gunakan juga template yang sidebarnya di kanan, karena katanya Google sewaktu index web kita dimulai dari sebelah kiri baru ke kanan. Biasanya konten di sidebar ini sering memberatkan, jadi biar belakangan aja diindex sama googlenya. Toh konten yang sebenarnya sudah diindex terlebih dahulu sama google.

Tips lainnya mengenai Template adalah selain menggunakan template yang tidak memberatkan loading atau kata lainnya simple dan minimalist, juga sebaiknya gunakan template yang responsive. Responsive disini artinya tampilan atau layout blog atau website akan menyessuaikan dengan ukuran browser reader. Hal ini harus kita perhatikan karena dengan boomingnya Android dan Blackberry di Indonesia praktis pengguna mobile browser meningkat. Kita sebagai blogger juga harus ikut kondisi dengan mengganti template blog kita ke template yang Mobile Browser Friendly. Klo yang belum ngerti banget template responsive, sewaktu Sobat membaca artikel ini, coba Sobat perkecil ukuran browser sobat, seharusnya tampilan blog sugiri.net ini akan mengikuti ukuran browser sobat yang sobat perkecil tadi. Artinya tampilannya kurang lebih akan sama ketika diakses oleh Mobile Browser.

9. Tidak menggunakan Web Monitoring Tool.

Ini saya gunakan biasanya untuk memonitor kondisi uptime dan downtime blog atau website kita. Kita tidak bisa akses terus-terusan ke website kita, begitupun pihak hosting kita. Jadi dengan tool ini kita bisa tahu kapan terjadinya downtime website kita. Sehingga kita bisa secepatnya melakukan action jika website kita down. Misalnya menginformasikan ke fihak hosting untuk dilakukan pengecekan. Sehingga jika terjadi down pun tidak terlalu lama.

Tool yang saya gunakan untuk memonitor kondisi website saya meggunakan jasa Monitoring Gratis dari Free Website Monitoring. Lagi-lagi Gratis juga. :D, Kita akan mendapat email otomatis jika terjadi downtime terhdap website kita.

 

Mungkin masih banyak yang harus kita persiapkan sebelum memulai ngeblog. Tapi ini saya share berdasarkan pengalaman pribadi yang saya collect selama 2 tahun perjalanan ngeblog kemarin. Paling tidak ada arahan yang baik sebelum memulai ngeblog. Mudah2an bisa bermanfa’at juga buat Sobat blogger semua khususnya yang baru memulai.

Dari berbagai sumber dan Pengalaman Pribadi.

1,842 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

komentar