Counter Pulsa

Hampir semua Sobat Blogger punya keinginan yang sama untuk hal ini. Bagaimana Blognya ketika diakses oleh Sobat Netter lainnya bisa tampil dalam dalam hitungan detik, terlebih jika kontennya banyak sekali gambar yang harus di loading. Berdasarkan pengalaman banyak cara yang sudah saya tempuh untuk Mempercepat Loading Blog WordPress ini. Mengingat blog sugiri.net ini juga lumayan banyak menampilkan gambar.

Berikut kesimpuan yang bisa saya share Cara untuk Mempercepat Tampilan / Loading Blog WordPress kita. Mungkin kesimpulan yang saya sampaikan masih jauh sekali dari harapan, mengingat baru berdasarkan pengalaman pribadi, tapi paling tidak dengan beberapa cara ini blog saya tidak terlalu berat di loadingnya. Berikut beberapa trik untuk mempercepat Loading Blog WordPress kita :

  1. Gunakan tempplate yang sederhana atau minimalist saja, jangan terlalu banyak gambar tampilan di sana sini atau backgroud yang memberatkan loading. Contohnya sebagai referensi Sobat bisa berkunjung ke website-website yang dikelola secara profesional. Tokh walaupun tempaltenya sederhana jika kita bisa mengatur layout dengan sedikit sentuhan pasti yang tampil tidak minimalist lagi. Misalkan penempatan konten di sidebar dan footer, bisa kita perindah dengan gambar-gambar yang tidak terlalu besar ukurannya.
  2. Jangan terlalu banyak mengambil resource dari website lain, misalnya untuk gambar. Ini biasanya dikarenakan kapasitas hosting kita yang terbatas akhirnya disiasati dengan menempatkan gambar kita diwebsite lain, Space kita aman tapi belum tentu website yang kita titipkan gambar sebagai sumber tersebut dalam kondisi yang ok. Misalpun ok hal ini memerlukan waktu routing yang panjang yang akan berakibat pada loading website kita menjadi lebih lambat.
  3. Gunakan WordPress Caching Plugin untuk mempercepat Blog atau Situs WordPress kita. Cache Plugin yang banyak digunakan oleh sobat blogger diantaranya W3 Total Cache dan WP Super Cache. Saya pernah menggunakan keduanya.
  4. Tambahkan plugin Lazy Load, yang fungsinya agar ketika blog atau site kita diakses, tidak semua gambar ditampilkan secara keseluruhan sebelum browser digulir ke arah gambar tersebut. Jadi gambar yang ditampilkan/diloading hanya gambar sesuai dengan yang tampil dimonitor Sobat Netter.
  5. Jika masih kurang, tambahkan plugin Image Compressor.
  6. Daftarkan ke CDN (Content Delivery Network) Service. Saya pernah menggunakan CloudFlare.Com, tapi tidak saya rekomendasikan, mungkin dikarenakan respon CloudFlare.Com juga akan maksimal ketika Server Hosting kita juga ngga lemot-lemot banget. Faktanya ketika saya coba merouting DNS saya ke CloudFlare.Com, blog saya malah seringnya ngga bisa diakses, Saya belum pernah coba lagi setelah pindahan Hosting.

Tips dan Trick untuk mempercepat Loading Blog WordPress yang saya ceritakan diatas hanya saya gunakan sampai dengan tanggal  5 Desember 2012. Setelah tanggal itu kesemuanya sudah tidak saya gunakan lagi. Saya memutuskan pindah hosting dengan Penyedia hosting yang benar-benar tidak terlalu banyak memerlukan trick-trick diatas. Blog saya tetap cepat diakses tanpa harus banyak plugin yang saya pasang. Karena, effect negatif dari terlalu banyaknya plugin terkadang biasanya akan membuat crash atau tidak kompatibel  dengan plugin-plugin yang lainnya.

Sebagai dasar pembicaraan kita, sobat bisa cek speed loading blog sugiri.net ini dengan tool dari http://www.webpagetest.org (kondisi terakhir blog sugiri.net ini hampir tidak menggunakan trik-trik yang akan saya ceritakan di atas).

Speed blog sugiri.net dengan trick dan dan tips diatas sebelum pindahan hosting :

sugiri.net 4-Des-2012

 

Speed blog sugiri.net setelah pindahan hosting dan tanpa trick dan tips diatas. Hal ini pula yang saya rekomendasikan buat Sobat Blogger.

sugiri.net 6-Jan-2013

Lumayan terlihat kan perbedaannya? Dengan Request lebih banyak dan konten yang diloading juga lebih besar, Blog sugiri.net sekarang bisa diload hanya dalam 13 detik. Lebih cepat 22 detik dibanding sebelumnya. Padahal sudah tanpa trik dan tips yang saya ceritakan diatas.

Adapun hosting sekarang tempat bernaungnya semua database sugiri.net adalah Draccola.Com – Hosting dengan banyak kelebihan menurut saya, salah satu hosting terbaik yang direkomendasikan. Per tanggal saya posting artikel Cara Mempercepat Loading Blog WordPress ini sudah lebih 4,900 domain yang teregistrasi. Beberapa fitur hosting Dracoola.com adalah sebagai berikut :

  • Murah – Ini yang terpenting dengan segala kelebihannya.
  • Fitur berlaku untuk semua paket hosting, tidak dibeda-bedakan semuanya merasakan fitur yang sama, mau ngambil hosting yang murah ataupun mahal semuanya dapat pelayanan dan fitur yang sama.
  • Back Up Harian – Setiap hari suatu saat diantara tengah malam sampai jam 5 pagi, Server Dracoola Multimedia akan membuat dan mengirimkan hasil backup data para client secara otomatis ke Lokasi Data Center yang berbeda. menjamin data Anda tetap Aman.
  • Back Up Mingguan – Mengiringi kegiata backup harian, maka backup ini dijalankan secara otomatis stiap hari minggu, sehingga Anda akan mempunyai 2 Jenis BackUp. Kecemasan akan kehilangan data-data penting Anda menurun dengan kadar Ultra Drastis, Bisa membuat Anda jauh lebih tenang dan berkonsentarsi memikirkan hal-hal yang lebih penting untuk kepentingan bisnis Anda dan Cita-cita masa depan.
  • FFMPEG/FFMPEG-PHP – Dengan sarana FFMPEG/FFMPEG-PHP yang ter-integrasi pada PHP di server Kami, maka Anda akan dimungkinkan untuk melakukan streaming-convert untuk berbagai jenis Audio-Video files secara real-time melalui fungsi processing PHP pada apapun jenis Paket Hosting pilihan Anda nantinya. Sangat berguna untuk membuat situs “YouTube Clone” seperti misalnya : Clip Share, osTube, PHPmotion dan lain-lain yang sejenis.
  • Custom Error PageFitur ini diam² terasa bermanfaat. Sebab Anda bisa men-design sendiri tampilan halaman Error Anda daripada dibiarkan hanya sebagai “Default Error Page” yg lugu dan terlalu umum. Anda bisa melihat sampelnya dengan mencoba mengakses http://sugiri.net/ketik-apapun_bagaimanapun.walaupun  (Contoh halaman yang saya ganti adalah Error 400.shtml – Bad Request dan Error 403 – Forbidden – Area yang biasa jadi sasaran Hacker / Defacer)
  • Zend + IonCube Loader – Web Server Draccola.Com telah dilengkapi dengan fungsi decoder dari 2 software PHP Encoder yang paling banyak dipakai didunia Zend dan IonCub maka hasil encoding/enkripsi kedua software tersebut akan selalu ditampilkan dengan sempurna oleh halaman-halaman webiste pada Paket Hosting Anda manapun.
  • Lite Speed – Merupakan Software Webserver Premium pengganti Free-Apache. LiteSpeed bekerja jauh lebih cepat daripada Apache. Informasi selengkapnya bisa dipelajari pada litespeedtech.com
  • Password Protected Page.
  • Dll

Info lengkap silahkan klik DISINI.

6,201 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

komentar