Counter Pulsa

Idenya muncul karena Biaya Listrik teh terus naik, bahkan sekarang mah seperti ditutup-tutupin klo mau naek teh. Ujug-ujug weh. Nah ini juga terjadi pada saat Perayaan May Day 2017 kemarin (Hari Buruh). Buruh mah cocolowokan demo, eh dengan santainya pemerintah ngasih kado naikin tariff Listrik.

Yang mau saya share kali ini dan masih ada hubungannya dengan artikel Cost Reduction Biaya Penggunaan Listrik di Rumah. Actionnya : NGGA MENGGUNAKAN AC Sebagai Pendingin Udara. Sebetulnya sih klo dari aktivitas ya gampang banget dan pasti turun. AC-nya dihilangin koq pasti turun doong penggunaan listriknya?

Nah yang mau saya sharing ngga cuma sebatas nurunin doang, penggantinya apa? Impactnya bagaimana? Tahu sendiri lah klo anak-anak dijaman sekarang ngga bisa tidur kayaknya klo ngga dingin.

Sebelum saya tulis artikel ini, saya sudah menjalaninya selama 2 mingguan, seminggu sebelumnya bahkan tidak memakai apa-apa, hanya Exhaust Fan yang memang sudah terpasang. Alhasil, keluhan dari anak-anak hampir setiap hari. Panass katanya. Pada keluar deh biang keringat.

Selanjutnya saya mengganti Air Conditioner dengan Air Cooler. Selama dua mingguan tadi sudah dapet feedback dari anak-anak, ngga dapet lagi sih keluhan panas. Mereka bilang lumayan lah. Dan mulai hilang deh biang keringatnya. Oh iya, saya lokasi di Karawang, yang mungkin yang pernah atau tinggal di karawang mah pasti tahu kondisi suhunya.

Karena menurut saya berhasil, makanya saya coba sharing di sini, siapa tahu bisa jadi insprirasi juga buat sobat netter semua. Cuma catatannya ya itu tadi ngga akan sedingin AC, tapi tetap sejuk. Beda signifikannya klo AC menyedot Air yang ada di Udara nah klo pake Air Cooler ini justru kita nambah Air di Udara. Gara-gara ini juga saya jadi tahu, AC itu mungkin berbahaya juga ya? Soalnya Air yang ada di udara disedot koq. Jadi kita menghirup udara yang kering dooong? Serem juga ya?… Dan, jangan lupa Air Cooler ini ngga cocok diruangan tertutup, harus ada sirkulasi udara yang baik, kebetulan klo dirumah sih saya sudah pasang exhaust fan.

Ini dia penampakannya :

SEBELUM: Air Conditioner Midea 0.5 PK

 

SESUDAH: AIR COOLER SHARP PJ-A77TY-B

Lantas apa yang bisa kita dapatkan/penghematannya? Dibawah contoh simulasi penghematannya:

Contoh Perbandingan Biaya

 

Lumayan kan? Semoga menginspirasi.

 

 

374 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar

komentar