Counter Pulsa

Dengan kondisi perekonomian Indonesia secara umum, yang belum bangkit normal, walaupun katanya pembangunan Indonesia itu meningkat. Ngga tahu pembangunan mana yang meningkat dan siapa yang merasa ekonominya meningkat? Tapi yang jelas sih, sampai dengan hari ini aja naik gaji aja masih belum pasti, padahal udah middle Maret. Yah, mau ngga mau saya yang karyawan pabrik harus terus memutar otak agar bisa bertahan dengan kondisi yang ada sekarang, salah satunya yang bisa saya lakukan adalah Cost Reduction, udah saatnya kayaknya ngga bisa nunggu lagi.

Sebetulnya ide Cost Reduction seperti ini bukan yang pertama saya posting di Blog, Baru di postingan ini Categorynya saya buat khusus yaitu Cost Reduction, biar lebih mudah dalam pencarian dan tentunya biar lebih match gitu sehingga barangkali sobat netter juga bisa mengaplikasikannya. Senang kalau apa yang saya tulis bisa bermanfa’at juga buat sobat netter semua.

Dikesempatan kali ini saya coba share Cost Reduction yang sudah mengenai Cara Menurunkan Biaya Listrik dari Pompa Air yang sudah saya aplikasikan di rumah.

 

SEBELUM :

Foot Valve Sebelumnya saya gunakan ukuran 1/2 inchi, pipa hisap 1/2 inchi, kedalaman standar pompa sumur dangkal sekitar 11 meter, dengan pompa semi jet 100 W

Dengan kondisi di atas, dibutuhkan waktu 20 menit untuk mengisi air dengan penampung ukuran 500 liter (dipotong level switch kurang lebih 400 liter)

 

SESUDAH :

Foot Valve Sesudahnya saya gunakan ukuran 1 inchi, pipa hisap 1/2 inchi, kedalaman standar pompa sumur dangkal sekitar 11 meter, dengan pompa semi jet 100 W

 

Setelah diimprove, hanya dibutuhkan waktu 10 menit untuk mengisi air dengan penampung ukuran 500 liter (dipotong level switch kurang lebih 400 liter)

Ya, lumayan… Hanya dengan mengganti foot valve waktu yang dibutuhkan bisa turun 50% (10 menit dalam sekali ngisi penampung). Jika 1 hari 3 kali ngisi kita bisa saving 30 menit. Lumayan kan?

Mungkin ngga begitu besar impactnya klo untuk rumah tangga yang ngga terlalu banyak menggunakan air, tapi akan sangat besar impactnya jika untuk rumah tangga yang memang penggunaan airnya lumayan banyak.

Atau kalo mau kita coba hitung-hitungan gampangnya kurang lebih seperti ini, Biaya sebelum improvement :

Pemakaian 1 hari :
((Watt Pompa / 1000 — untuk jadi kWh) x Lama Pemakaian dalam jam) x Harga 1 kWh
((100 Watt / 1000) x 1 Jam) x Rp. 1520
(0.1 kWh x 1 ) x 1520
Rp. 152

Pemakain 1 Bulan :
Rp. 152 x 30
Rp. 4.560

 

Itu contoh hitungan lurus ya… biar mudah difahami, tanpa ada faktor lain, semisal tarikan awal dlsb.

Nah, setelah improvement kurang lebih akan turun 50% biayanya. Semakin lama pemakaian akan semakin besar savingnya.

Semoga membantu.

#Foot valve bisa menggunakan yang berbahan plastik, harganya sekitar 10~15rb, di toko-toko bahan bangunan deket rumah sobat juga kemungkinan ada.

#hal ini juga bisa diaplikan untuk pompa water cooling sekalipun, yang penting ukuran foot valvenya harus lebih besar dari pipa hisap. Ide inipun inspirasinya dari improvement di tempat kerja.

 

 

279 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Komentar

komentar