Counter Pulsa

Biar ngga lupa, sebagai catatan, kemarin sempet ada masalah dengan Brio Satya padahal umurnya baru 17 Bulanan  dan Kilometernya sekitar 11.000-an udah kena gejala OVERHEAT terus, cuma nunggu antrian di pintu rel kereta api aja overheat, alhasil ngga bisa jauh tuh maennya.

Kebetulan pas masuk BeRes minta dicekin tuh kondisinya, soalnya secara penglihatan dan pendengaran sih kipas cooling radiator Brio Satya tetep muter. Alhasil, setelah dicek ternyata emang udah abrnormal/putarannya udah lemah kata mekaniknya. Claim dooong, soalnya masih garansi…

Persis sebulan nunggu proses claim baru kepasang tuh Motor Cooling Radiator Brio Satya. Belakangan baru tahu klo Motor Cooling Radiator Brio Satya itu cuma 1 motor  yang mendapat 2 perintah dari Panas Kabin (AC) dan Panas Mesin (Radiator), jadinya ya dengan kata lain Motor Kipas ini akan bekerja lebih sibuk dibanding dengan 2 Motor Kipas.

Ngga bisa diapa-apain lagi sih karena itu mah salah satu item CR biar harga unitnya murah mungkin. Sambil nyari-nyari informasi siapa tahu ada yang bisa upgrade ke Double Motor seperti Brio CBUnya, yang saya lakukan adalah memaksimalkan hembusan angin ke radiator sewaktu berjalan. Soalnya waktu kemarin trial sih sebetulnya speed konstan beberapa ratus meter di 30 km/j juga overheat di Brio Satya sih udah hilang lagi.

Nah, biar agak memperpanjang umurnya tuh Motor Cooling, saya naikkan posisi Plat Nomornya, tujuannya ya itu tadi biar area hembusan angin dari depan lebih maksimal.

 

Posisi Plat Nomor SEBELUM (Lumayan menutupi radiator)

 

Posisi Plat Nomor SESUDAH (Naik sekitar 6 cm – Area radiator yang terhembus angin dari depan lebih luas)

 

Saya belum tahu seberapa impactnya, tapi saya kira dengan teori sederhana ini akan membantu memperpanjang umur dari Motor Cooling Radiator Brio Satya biar ngga cepat abnormal/lemah sehingga tentunya ngga cepet overhet.

Buat sobat netter yang mungkin mengalami hal yang sama, bisa mencoba seperti yang saya lakukan.

 

544 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar

komentar