Counter Pulsa

Udah Laporan Pajak Tahunan kan? Klo belum sama dooong dengan saya. Soalnya baru aja kemarin dapet copy SPT Pajak 21 dari Pabrik tempat Kerja. Dan untuk soal pelaporan, biasa…. Nunggu deket tanggal 31-Maret sebagai batas akhir pelaporan pajak Tahun 2015.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagai seorang Karyawan Swasta saya harus melaporkan SPT Tahunan Pasal 21 ke Kantor Pajak (sesuai dengan NPWP yang tertera). Tahun ini pun saya harus kembali ke kantor Pajak untuk melaporkannya. Kesannya males banget ya walau cuma setahun sekali. Tapi… seharusnya itu udah lagi deh, udah ngga perlu lagi ngantri… Soalnya kita sekarang bisa melaporkan pajak via online dengan nama e-Filing.

Nah, kesempatan ini saya mau sharing sedikit mengenai Cara Penyampaian Pajak via e-Filing yang pernah saya lakukan di Kantor Pajak Pratama Karawang. Sebetulnya dari tahun kemarin saya sudah coba melakukan pelaporan pajak via Online tapi waktu itu masih dibantu oleh orang pajaknya langsung. Lupa-lupa inget prosedurnya, mudah-mudahan step-step berikut sedikit membantu karena waktu tahun kemarin selain aktivasi e-FIN dan melakukan pelaporan SPT Tahunan secara online sudah berhasil.

Step ke- 1 (Mendapatkan e-FIN)

Mengajukan untuk Mendapatkan e-FIN (ELEKTRONIC FILING IDENTIFICATION NUMBER) di Kantor Pajak yang menerbitkan NPWP Anda. Contoh Formulir e-FIN yang pernah saya terima (berlakuĀ  1 Bulan) :

e-FIN

Step ke-2 (Registrasi dan Aktivasi e-FIN)

Untuk registrasi silahkan klik URL : https://djponline.pajak.go.id/ klik “Pendaftaran”

DJP Online Pajak Website

Silahkan isi Form Pendaftaran seperti Contoh yang saya buat di bawah :
NPWP : ditulis tanpa TITIK atau SPASI
e-FIN : Isikan sesuai dengan Nomor e-FIN yang kita dapatkan (Contoh masa berlaku e-FIN yang saya terima adalah 1 (satu) Bulan)
yang terpenting adalah Nomor Handphone dan e-Mail yang valid (biar ngga ribet usahakan email yang digunakan email pribadi ya.. bukan email gretongan dari pabrik, siapa tahu kedepan akan ada perubahan….)

Registrasi Pajak Online

Selanjutnya kita akan mendapatkan Link eMail Aktivasi. Klik aja Link/Tautan yang diberikan via eMail untuk aktivasi. Di email tersebut juga kita sudah mendapatkan username dan password yang kita buat tadi.

e-Filing Aktivasi

Jika berhasil, kita selanjutnya sudah bisa login ke Account kita untuk bisa melakukan Pelaporan Pajak via Online.

Satus Aktivasi DJP Online

Nah, ini 2 step awal yang harus dilalui sebelum bisa melakukan Penyampaian Pajak via Online. Selanjutnya untum pelaporan dan pengisian onlinenya kita lanjutkan nanti ya…. Soalnya belum ada bahannya juga nih… šŸ˜€

1,075 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

komentar