Counter Pulsa

Buat Sobat pengguna WordPress mungkin pernah mengalami Kegagalan Update Otomatis. Entah itu Theme/Template atau Plugin-plugin WordPress. Saya pribadi sering mengalaminya ketika update tidak bisa dilakukan Otomatis, belum tahu pasti penyebabnya apa, mungkin karena Koneksi Internetnya yang lagi error atau bahkan mungkin server wordpressnya sendiri yang sedang overload (hanya prediksi saja).

Kita tahu bahwa update/upgrade ini menjadi bagian yang penting terhadap keamanan WordPress kita, disetiap update pasti ada yang sudah diperbaiki oleh developernya. Jadi, menurut saya penting banget secepatnya kita lakukan update jika memang sudah tersedia. Pada kesempatan ini saya coba share cara Update/Upgrade secara manual Theme/Template WordPress, cara ini pun tidak ada bedanya dengan Cara Upgrade/Update manual Plugin WordPress, hanya sedikit perbedaannya terletak pada folder Themes dan Plugin.

Contoh kegagalan ketika Automatic update tidak bisa dilakukan/failed yang saya alami di salah satu blog yang saya kelola :

Upgrade / Update Manual Theme WordPress

Contoh pada gambar diatas, saya menggunakan theme iFeature Pro versi 5.1.0.5 dan tersedia update versi 5.1.0.6 setelah dicoba update otomatis masih gagal.

Solusinya kita harus melakukan Update/Upgrade Theme/Template WordPress kita secara manual. Saatnya kita masuk ke account Hosting kita (yang ini ngga perlu saya jelaskan). Kita masuk ke Folder dimana theme terinstall, biasanya ada di folder /public_html/wp-content/themes kemudian kita pilih theme yang mau kita upgrade.

Upgrade / Update Manual Theme WordPress

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya jangan dihapus atau di overwrite/timpah dengan theme yang update. Saya sarankan sebaiknya direname / ganti nama saja Folder Theme yang akan kita upgare, sebagai contoh theme yang mau saya upgrade ifeature5 saya rename menjadi ifeature5.1.0.5 sesuai versi yang sebenarnya seperti pada gambar sebelumnya.

Upgrade / Update Manual Theme WordPress

Step selanjutnya kita upload theme/template dengan update terbaru yang sudah kita download sebelumnya secara manual. Kebetulan saya menggunakan theme premium yang saya dwonload di account saya. Jika theme Anda free Anda bisa mendownloadnya secara manua di Free WordPress Theme . Setelah terupload dalam bentuk zip ke folder public_html/wp-content/themes langsung kita extract, hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah. Hasil extarct tetap secara defaultnya dengan nama theme yang sebelumnya kita rename : ifeature5

Upgrade / Update Manual Theme WordPress

Ya, jika folder hasil extract sudah muncul berarti Anda sudah berhasil mengistall / update / upgrade secara manual Theme wordpress. Untuk memastikannya sekarang kita login ke Dashboard WordPress kita, seharusnya sudah terjadi perubahan seperti contoh di bawah. Sekarang Theme/Tempalte sudah dengan versi terbaru 5.1.0.6

Upgrade / Update Manual Theme WordPress

Ngga susah kan? Jika Anda mau lebih berhati-hati lagi lakukan backup terhadap home, database dlsb yang biasa Anda backup sebelum Anda melakukan trik Update/Upgrade secara Manual Theme WordPress ini.

Happy Blogging!!!

 

 

 

 

 

2,861 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

komentar